Belajar Hidup

Bismillahir rahmaanir rahiim

Semenjak kita masuk sekolah dasar, pada umumnya kita belajar tentang bagaimana kita bersikap terhadap lingkungan. Mulai dari lingkungan alam (ada IPA), lingkungan sosial (IPS), dan pula kita belajar untuk memodelkan masalah dalam bentuk persamaan yang bisa dihitung (Matematika) –> untuk memudahkan pemecahan masalah. Sesungguhnya proses tersebut merupakan proses agar hidup kita lebih mudah, meskipun dalam prosesnya kita mengalami kondisi yang tidak mudah. Cocok kiranya dengan lagu Bang Haji, “berakit-rakit ke hulu, berenang ketepian”.

Proses pembelajaran di atas berbeda halnya dengan proses belajar “bagaimana kita hidup”. dalam hal ini, proses belajar agama atau din (jalan hidup). Mempelajari Islam tidak cukup dengan hapalan dan hitungan belaka. Pemahamana yang luas dan mendalam sangat penting dalam mempelajari jalan hidup yang disyariatkan oleh Pencipta kita ini. Tidak hanya pemahaman belaka, tetapi belajar pula dengan proses senantiasa melaksanakan praktek-praktek yang telah digariskan. Tanpa praktek, maka mempelajari Islam akan terjerumus dalam lingkaran filosofis belaka, yang pada prakteknya kurang membuahkan hasil. namun, praktek tanpa pemahaman yang mendalam, maka praktek yang kita lakukan dikhawatirkan menyimpang dari kebenaran yang hakikatnya.

Mari kita niatkan bersama untuk mendukung (minimalnya) dan melaksanakan proses belajar agama – cara kita hidup (yang tiada henti) baik itu tinggi dalam kualitas pemahaman maupun dalam kualitas praktek.

Wallahu a’lam

Iklan

3 comments so far

  1. vamondo on

    Benar tuh Den. Sepaket gw ma loe!

  2. Deden Rudiansyah on

    Wah… senengnya ada yang sepakat. Apalagi Abang jakarta… Mudah2n idealisme kita semenjak mahasiswa gak terlalu luntur

  3. iqbalzakaria on

    setuju a bener pisan

    tapi ngomong2 lagu bang haji

    emang ada lagu yang berjudul “berakit-rakit ke hulu berenang-renang kemudian”

    he….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: