WiMAX, akankah?

Bismillah

Tentunya kalau kita bicara tentang WiMAX, maka sebetulnya kita telah ketinggalan cukup jauh. Beberapa negara telah mengimplementasikan WiMAX baik itu untuk kategori fixed, nomadic, maupun mobile. Vendor-vendor pun telah banyak menerbitkan produk WiMAX ini.

Sampai saat ini, tender untuk fixed WiMAX di Indonesia masih terus menerus diundur. Akibatnya negara kita telah tertinggal jauh daripada negara lain. Bulan Mei kemarin, beberapa pihak telah mendemokan model WiMAX versi dalam negeri. Akankah WiMAX ini akan digelar pada tahun-tahun ini? Bila menunggu Tahun depan, maka pada saat itu Bangsa Indonesia akan disibukkan oleh Pemilu sehingga kecil kemungkinan proyek ini akan bisa dijalankan bila di tahun ini saja tendernya masih belum jelas.

Ada apa dengan pemerintah? Apakah fungsi pemerintah sebagai regulator yang melindungi semua pihak terutama memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, sudah berjalan? Atau pemrintah kita masih seperti kerbau yang dicocok hidungnya sehingga hanya manut-manut saja kepada para penguasa uang? Tentunya tahun ini dan tahun mendatang, Pemerintah kita bisa jadi (ini salah satu kemungkinan saja)
sedang disibukkan dengan progran tebar pesona menjelang pemilu mendatang. Mudah-mudahan ini hanya dugaan belaka.

Iklan

5 comments so far

  1. lakso on

    Den, punten mau nanya negara yg udah mengimplementasikan WiMAX negara mana ya? Setau saya sih sampai saat ini belum ada negara yg udah stabil dalam pengimplementasian WiMAX CMIIW.

    Masalah pemerintah yg mengulur2.. menurut saya (dan dari beberapa sumber yg terpercaya….sstt ini rahasia lho) itu karena pemerintah pengen ngasih kesempatan buat industri lokal yg mengembangkan WiMAX. Coba kita melihat dari sisi kemandirian teknologi nasional, jangan hanya sekedar melihat dari sisi konsumerisme teknologi. Pasar telekomunikasi Indonesia memang besar, tapi selama ini kita ‘cuma’ jadi pengguna dan operator. Jadi saya mah setuju2 aja tender WiMAX d undur2in asalkan itu bisa ngasih kesempatan bt pihak industri lokal u/ mengembangkan produk teknologi WiMAX.
    Dukung industri nasional ..!!

  2. Deden Rudiansyah on

    Saya denger kayak Korea, Jepang, Canada udah implementasiin WiMAX.

    Saya udah denger dari Bos saya, memang Dirjen udah menjanjikan bakal melindungi industri dalam negeri, terutama hariff. Tapi sampai saat ini hariff hanya mampu buat fixed wimax. Jadi aneh, band 2,3 G yang seharusnya buat mobile, ini dipakai buat fixed, katanya dua tahun ke depan yang mobile baru akan launch.

    Mudah-mudahan Pemerintah kita lebih profesional dalam menangani ini.

  3. calculus on

    daftar negara yg sudah ber-wimax (entah beneran udah komersil atau baru mau tender atau baru ada operator yg menang tender) :

    http://www.wimaxforum.org/technology/documents/wimax_networks_worldwide_11x17.pdf

  4. Sayuri on

    Siga na si kang deden ieu kirang gaul sareng barudak nu tos lulus tapi masih dikeueum di kampus. sakali-kali nyimpang lah…..

    Kalo menurut Sa, ngapain juga Indonesia sok-sok-an high tech, segera pake teknologi yang super canggih. Ok, kita pengen bisa sejajar dengan bangsa lain, tapi masalahnya masyarakat kita ga butuh2 amat sama yang canggih2, jadi ga usah “in a rush” lah. Contoh: 3G, akhirnya ga banyak yang pake, ga tau emang ga butuh ato emang kemahalan.

    Jadi santai lah kawan! Jangan sampe negara kita ini menang Gaya sama menang Keren karena bisa pake produk orang lain. Ghandi aja mendingan pake baju tenunan sendiri yang ga bagus2 amat, daripada mesti takluk jadi konsumen.

  5. harimukti_1984 on

    Hmm… Betul sekali comment dari Om Lakso…
    Memang pemerintah melakukan itu untuk mendongkrak industri nasional. Syukur ada Menteri yang kayak gitu… Jadi bisa membangun kompetensi lokal.

    Kalaupun ada implementasi WiMAX di Indonesia yang perlu disegerakan adalah sebagai solusi untuk mendorong penetrasi telekomunikasi ke daerah remote. Kan katanya Teknologi ini handal untuk itu. Why we can’t do it ???
    Tapi memang budaya masyarakat juga perlu kita bangun…

    Saya turut doakan deh temen2 yang lagi developing WiMAX karya anak negeri, semoga sukses,,,!!!

    BANGKITLAH NEGERIKU…!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: